Mengapa Banyak Orang Barat Menjadi Ateis?

Di Amerika dan Inggris, dalam sebuah riset terbaru menunjukkan, prosentase orang yang tidak percaya Tuhan meningkat.

Di saat jumlah penganut Ateis meningkat, jumlah penganut Kristen di wilayah England dan Wales menurun 13 persen dalam waktu 10 tahun terakhir. Ditemukan bahwa 25,1 persen orang mengidentifikasi diri mereka sebagai Ateis (non believers) naik dari 14,8 persen satu dekade sebelumnya. Jumlah kaum Ateis meningkat di seluruh Eropa dan Amerika Serikat.

Sebuah survei tahun 2005 yang diterbitkan dalam Encyclopedia Britannica menempatkan Ateis pada sekitar 11,9 persen dari populasi dunia. Sebuah survei Uni Eropa resmi baru-baru ini mengatakan bahwa 18 persen dari penduduk Uni Eropa tidak percaya pada Tuhan.

The Washington Post melaporkan pada bulan September 2012, Ateis adalah gerakan yang tumbuh di seluruh Eropa, mempengaruhi politik dan media massa.

Sensus baru ini juga menemukan bahwa jumlah orang Kristen mengalami penurunan di Inggris. Andrew Copson, Chief Executive dari British Humanist Association, mengatakan  bahwa penurunan jumlah orang Kristen adalah 'benar-benar signifikan'.

Ada lebih dari 47.000 gereja di Inggris, dan 42 juta warga Inggris pemeluk Kristen. Lebih dari 70 persen dari populasi, menganggap diri mereka Kristen. Dalam sebuah studi yang dirilis pada tahun 2005, Christian Research yang berbasis di Inggris, menemukan bahwa  jumlah orang Kristen yang menghadiri ibadah Minggu turun dua pertiga selama tiga dekade berikutnya.

Penelitian dari The Future of The Church, memperkirakan dari total jumlah orang Kristen 9,4 persen akan turun menjadi 5 persen pada tahun 2040. Penelitian ini juga memperkirakan karena kehadiran jemaat ke gereja yang terus menurun, akan memaksa sekitar 18.000 gereja untuk ditutup.

Mengapa banyak orang Barat menjadi ateis? Penyebab utamanya adalah kebingungan soal konsep Trinitas (tritunggal) dalam Kristen. Yaitu keimanan bahwa Tuhan itu tiga dalam satu. Hal ini banyak diakui sendiri oleh para ilmuwan dan cendikiawan di Barat. Ilmuwan terkemuka, Sir Isaac Newton (abad ke-17 M), mempunyai minat pada agama dan teologi. Pada awal th 1690-an, ia mengirimkan kepada sahabatnya, John Locke, satu kopi tulisannya yang mencoba membuktikan bahwa ayat-ayat yang menyiratkan Trinitas di dalam Perjanjian Baru adalah tambahan belakangan yang disisipkan oleh kubu Athanasius. Ketika John Locke berniat menerbitkan karya itu, Newton segera menariknya kembali, karena takut pandangannya yang anti-Trinitas diketahui umum.

Karen Amstrong dalam The Story of God mengatakan Tuhan adalah abstrak dan penjelasan-penjelasan yang ada membosankan. “Semua perbincangan tentang Tuhan adalah perbincangan yang sulit,” kesimpulan Amstrong.

Tuhan Yesus pun diragukan eksistensinya. Doktrin Trinitas yang sulit dipecahkan membuat ilmuan Barat bertambah confuse. Bahkan pada titik ekstrim, mereka putus asa mendiskusikan tentang Tuhan dengan mempertanyakan keberadaan Yesus. Groenen dalam Sejarah Dogma Kristologi:Perkembangan Pemikiran tentang Yesus Kristus pada Umat Kristen menyimpulkan, kemisteriusan Yesus tidak dapat dijangkau akal. Bahkan ia mempertanyakan apakah Yesus itu ada atau tidak.

Seorang teolog Kristen, Schleiermacher, secara kritis menyatakan bahwa doktrin Kristen tentang ketuhanan membuat keimanan menjadi rentan terhadap skeptisisme. Ia menggugat adanya tuhan tiga. Menurutnya konsep ini adalah dogma yang tidak masuk akal. Bahkan karena begitu putus asa, Nietzsche mengatakan bahwa Tuhan telah mati.

Menurut Nietzche, kematian Tuhan akan mendatangkan fase sejarah manusia yang lebih baru dan lebih tinggi. Ia menganjurkan agar manusia membebaskan dirinya dari bayang-bayang Tuhan. Manusia, menurut  Nietzche, harus menjadi Tuhan agar ia bisa menentukan nasibnya sendiri. 

The Encyclopedia Americana mengatakan bahwa Trinitas dianggap “di luar jangkauan akal manusia.” Banyak orang yang menerima Trinitas menganggapnya demikian. Monsignor Eugene Clark berkata: “Allah itu satu, dan Allah itu tiga. Karena tidak ada ciptaan yang seperti ini, kita tidak dapat mengertinya, tetapi menerimanya saja.”

Kardinal John O’Connor berkata: Kami tahu ini suatu misteri yang sangat dalam, yang sama sekali tidak kita mengerti.” Dan Paus Yohanes Paulus II berkata mengenai “misteri yang tidak dapat dimengerti tentang Allah Trinitas.” Jadi, A Dictionary of Religious Knowledge berkata: “Tepatnya apa doktrin itu, atau bagaimana hal itu harus dijelaskan, para penganut Tritunggal pun tidak mencapai kata sepakat di antara mereka sendiri.”

Maka, kita dapat mengerti mengapa New Catholic Encyclopedia berkata: “Hanya sedikit diantara guru-guru teologi Tritunggal di seminari-seminari Katolik Roma yang pada suatu waktu tidak dipojokkan oleh pertanyaan, ‘Tetapi bagaimana kita akan berkhotbah tentang Tritunggal?’ Dan jika pertanyaan itu merupakan gejala kebingungan di pihak para siswa, kemungkinan hal itu juga merupakan gejala kebingungan yang serupa di pihak guru-guru mereka.”

Kebenaran dari pernyataan di atas dapat dibuktikan dengan mengunjungi suatu perpustakaan dan memeriksa buku-buku yang mendukung Trinitas. Tak terhitung banyaknya halaman yang ditulis dalam upaya untuk menjelaskannya. Namun, setelah bersusah payah memeriksa istilah-istilah teologi yang membingungkan dan penjelasannya, para peneliti masih tetap tidak puas.

Mengenai ini, imam Yesuit Joseph Bracken mengatakan dalam bukunya What Are They Saying About the Trinity?: “Para imam yang dengan cukup banyak upaya telah mempelajari... Tritunggal selama tahun-tahun mereka di seminari tentu saja ragu-ragu untuk menyampaikannya kepada jemaah mereka dari mimbar, bahkan pada hari Minggu. Tritunggal... Untuk apa seseorang akan membuat umatnya bosan dengan sesuatu yang pada akhirnya pun tidak akan mereka mengerti dengan benar?”

Ia juga berkata: “Tritunggal adalah soal kepercayaan formal, namun hal itu hanya sedikit atau tidak [berpengaruh] dalam kehidupan dan ibadat Kristen sehari-hari.” Meskipun demikian, ini adalah “doktrin utama” dari gereja-gereja!

Teolog Katolik Hans Kung menyatakan dalam bukunya Christianity and the World Religions bahwa Trinitas merupakan satu alasan mengapa gereja-gereja tidak berhasil membuat kemajuan yang berarti di kalangan orang bukan Kristen. Ia berkata: “Bahkan orang Muslim yang terpelajar, sama sekali tidak dapat mengerti, sebagaimana juga orang-orang Yahudi sebegitu jauh tidak dapat memahami, gagasan mengenai Trinitas... Perbedaan yang dibuat oleh doktrin Tritunggal antara satu Allah dan tiga hypostase [zat] tidak memuaskan orang Muslim, yang bukannya merasa mendapat penjelasan, tetapi justru merasa bingung, oleh istilah-istilah teologi yang berasal dari bahasa Syria, Yunani, dan Latin.

Orang-orang Muslim menganggap ini semua permainan kata... Mengapa seseorang ingin menambahkan sesuatu kepada gagasan mengenai keesaan dan keunikan Allah yang hanya dapat mengencerkan atau meniadakan keesaan dan keunikan itu?”

Ajaran trinitas telah membuat bingung banyak orang, apalagi mereka yang berilmu. Sedangkan ajaran Tauhid dalam Islam begitu sangat sederhana dan mudah dipahami baik oleh orang awam maupun kalangan intelektual. Masalahnya banyak orang Barat belum mengenal Islam atau sudah alergi terlebih dahulu karena memiliki anggapan semua agama itu sama saja. Sehingga pada akhirnya mereka memilih menjadi ateis. 

Komentar

  1. penulis hy mempersoalkan tentang TRINITAS alias masalah keTuhanan yg tidak masuk akal.
    pertanyaannya apakah islam mampu membuktikan Tuhan itu satu dan masuk akal = TIDAK MAMPU.....

    BalasHapus
  2. sebagian muslim bersikukuh bahwa mereka mampu membuktikan Tuhan itu ada dgn berkata "siapa yg menciptakan langit dan bumi...klo bukan Tuhan"....coba kalian omongkan perkataan tsb dgn para atheis.pasti hasilnya kalian sama aja spt kristen yg mencoba memaksakan doktrin tritunggal dan GAGAL pada para ATHEIS....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya kita harus memikirkan, Tuhan itu ada atw ga,,karna itu maslah iman...krna agama esensinya adalah percya akan Tuhan.lalu yg menjadi ke bingungan adalah pemahaman trinitas,,,dogma gereja yg menggap yesus itu Tuhan,,,itulah yg hrus dijlskn secara logika..karna yesus adlah pada kenyataanya manusia yg pernah hidup di alam dunia bagaimana secra logika dia menjadi tuhan..?dalam islam Tuhan itu zat ghaib pencipta,,ga ada ruang untuk berlogika,,,jdi kesimpulannya konsep trinitas adalah konsep yg menyguhkan perdebatan secra logika,,karna adanya seorang manusia menjdi Tuhan...maka silahkan klo anda berdebat tentang yesus seorang manusia menjadi Tuhan...kalo dalam islam Tuhan itu ghaib dan tidak ada ruang untuk berlogika...silahkan sja berfikir maslah keTuhanan yesus

      Hapus
  3. intinya adl....SEMENJAK KITA PERCAYA TUHAN ITU ADA....KITA SUDAH MEMPERCAYAI YG TIDAK MASUK AKAL DAN ITULAH IMAN. (sayangnya para muslim ga mampu menangkap apa yg saya tulis dgn huruf besa tsb)....coba anda pikir suatu mahluk yg namanya Tuhan dgn kemampuan yg tidak terbatas suci dan mahakuasa....apakah itu masuk akal????....bgmna menggambarkan/membayangkan mahluk tsb?? bahkan diislam sendiri Tuhan ga tak terlihat,tak tersentuh, ga bisa dibayangkan/digambarkan....bgmna kalian mengimani mahluk semacam itu lalu kalian bilang DIA ADA DAN MASUK AKAL....wong kalian blm pernah melihatnya, keberadaaNya yg menurut kalian ADA dan rasakan tidak bisa di buktikan secara science....ujung2nya kalian hy bisa berkata percaya saja Tuhan ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat aja nanti kalau lu mati

      Hapus
    2. Apakah anda bisa melihat angin oskigen,hidrogen, Nitrogen,helium ,demgan mata anda?pasti tidak ,klo anda bisa melihat anda bohong..
      Tapi anda tau dan zat itu ada dengan simbol kimia 0,H,N,He
      Lalu bagaimana anda bisa perkarakan keyakinan orang islam dngan Tuhan yg ga kelhitan...smentra anda tidak meperkarakn ada nya oksigen dan gas lain yg ga kelihatan.coba anda tanyakan bagaiman rupa oksigen helium,nitrogen minta pada ilmuan supaya oksigen,nitrogen,hidrogen bisa berwrna supaya anda yakin.

      Hapus
  4. yang aneh kalian berkata TUHAN ITU SATU......tapi kalian para muslim bahkan nabi kalian pun blm pernah melihat adanya Tuhan....gmna kalian tau Tuhan = 1. dasar kalian cuma Alquran.
    yg aneh lg karena TUHAN ITU SATU kalian pikir kalian para muslim sudah menyembah Tuhan yg benar??....
    APAKAH KARENA JUMLAH = 1 jadi BENAR???
    apakah kalian ga sadar bahwa ada kemungkinan penganut2 pagan dan kepercayaan juga ada yg menyembah Tuhan = 1. apakah mereka termasuk golongan kalian walau tatacara ibada mereka berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya di tunggu di akhirat saja brooo...lu yang bener apa islam yg bener...

      Hapus
    2. Daripada anda mempertanyakan kbnaran Tuhan itu satu,mending anda mempertanyakn trinitas dan tritunggal sja...krna itukan jdi perdebatan juga dikalangan ilmuwan barat,filsuf barat..karna kami islam percya Tuhan 1 yg bnar tak ada perdebatan maslah keTuhanan..1+1=2 2+2=4 bisakah kamu mendebat kebnran ini?...kslahan agama anda adalah 1+0=3,,mka tidak aneh dan heran kalo masih ada perdebatan

      Hapus
  5. para muslim ANEHHHH....
    mereka mempertanyakan tritunggal/trinitas karena tidak masuk akal. tapi mereka sendiri yg mengaku Tuhan = 1, sesungguhnya blm pernah sekali pun melihat Tuhan. bahkan nabi mereka pun blm.....alquran pun hy titipan malaikat. BAGAIMANA PARA MUSLIM DAPAT MEMBUKTIKAN TUHAN = 1 KALAU BELUM MELIHAT.

    di agama kristen ada perkataan "setan pun bisa menyamar sebagai malaikan terang...." ini yg jadi kecurigaan saya tentang jibrill

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kami trinitas dan tritunggal bukan hal yg tidak masuk akal sja,,krna itu mempersekuyukan Tuhan,,,yg mpertnyakn masuk akal ga mya itu adalah sarjana barat.
      Maslah jibril menurut anda bisa sja setan yg menyamar.bagaimana sya bisa menjelaskan semua kpada anda,mayakini Tuhan satu sja anda sulit.
      Bisa sja sya bicara bhwa ajaran trinitas dan menggap yesus Tuhan itu adalah bisikan setan.karna menurut logika bagimana mungkon seorang manusia suci sperti yesus mengikrarkan diri dia sebagai Tuhan,apa bedanya dengan firaun dan nimrud..sya kira ga kan mungkin seorang yesus menepuk dri sebgai Tuhan,,klo bukan yg menggap yesus Tuhan itu adalah manusia sesudah yesus wafat.. coba fikirkan..karna dalam sejarah manusia,manusia suci,dan shaleh,,sperti ibrahim,musa,nuh,adam,,ga pernah menyatakn diri Tuhan atw anak Tuhan...selain raja2 lalim firaun,nimrud

      Hapus
    2. Gimana nih orang....klo 1 itu ga usah diperdebatkan..klo 1+1+1=1..itu yg jdi perdebatan...panjang2 tulisannya tapi muter2

      Hapus
  6. akhir kata....
    muslim dan kristen percaya Tuhan dan itu adalah IMAN. dan iman mereka berbeda karena TUHAN mereka berbeda.

    bagi org kristen semua nabi yg diutus adalah utk menyelamatkan kaum israel dan dstu mengapa mereka berbangsa yahudi/israel.(itu masuk akal)

    Yesus diutus awalnya utk org yahudi....karena yahudi menolak yesus maka berita injil di sebar ke seluruh dunia.

    pilih muhammad or Yesus....pilih pribadinya donk....compare Yesus dan Muhammad mana yg lebih baik,suci,terpuji menurut versi alquran dan alkitab.coba kalian jabarkan kluarkan sifat2,tingkah laku,moral mereka dan pelajari.
    kalau kalian mampu memilih barang yg baik utk kalian pakai....kenapa kalian hrsnya lebih hati2 memilih pemimpin yg memberikan tuntunan/ajaran utk kalian jalankan utk mencapai hidup yg KEKAL.
    INGAT KITA HIDUP SEKALI ATAU KESEMPATAN CUMA SEKALI. SETELAH ITU KALIAN MENGHADAP YG MAHAKUASA UTK MEMPERTANGGUNG JAWABKAN APA YG KALIAN BUAT. PERLU DI INGAT TUHAN MAMPU MELEMPAR ANDA KE NERAKA WALAU ANDA RAJIN BERBUAT BAIK.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam itu percya 2 2nya mau yesus mau nabi muhammad,,di islam diwajibakn percya dan mereka adalah orang2 mulia...yg islam ga percaya itu yesus jadi anak Tuhan...apalgi jadi Tuhan sendiri ...

      Hapus
  7. SEBAB TUHAN ITU MAHAKUASA,SUCI,SEMPURNA (pasti kalian mengAMINKAN ini)....tapi taukan anda kalau Tuhan seperti itu maka kita hrs HIDUP SEPERTI APA. ingat setelah mati semua org punya hidup yg kekal dan tentunya ingin masuk surga. tapi klo anda percaya TUHAN ITU SUCI SEMPURNA DAN SURGA RUMAHNYA YANG PASTI SUCI DAN SEMPURNA. MAKA YG MASUK KESANA HRSNYA YG SUCI DAN SEMPURNA.
    SIAPAKAH YG MAMPU MENGAJARKAN TENTANG KESUCIAN HIDUP???
    APAKAH MUHAMMAD ?
    APAKAH YESUS ?

    SETAU SAYA SURGA MUSLIM TIDAK ADIL UTK WANITA....DAN CENDRUNG SORRY MENYIMPANGGG....COBA RENUNGKAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yah kami juga mengimani yesus dalam artian nabi utusan Allah,,bukan anak Tuhan.
      Dan Nabi muhammad juga sama manusia biasa yg jdi contoh umat islam...rasanya kami lebih menaati yesus sari pada umat kristen.
      Yesus berjanggut,yesus disunat,yesus berjubah,ga makan daging babi,ga makan arak.yesus mengajarkanke Esaan Tuhan.sama sperti nabi Muhammad...buat kami yesus adlah pribadi yg dimuliakan ,,bukan diTuhan kan...anda menghina nabi kami,,tapi kami memuliakn yg kamu anggap Tuhan
      Maka sya kira anda harus lbih bnyak membaca injil degan bnar,,,ga copy paste aja

      Hapus
    2. Maslah wanita maaf yah kami bgitu memuliakan mereka,anda ga tau?maaf sha mau tanya,,kalu ibunda yeus itu kan berkerudung rapih Alhamdulillah waniya muslim mencontoh bunda maria,,,ga kya wanita kristen yg terbuka ,,maaf yah,,nyontoh siapa?ktanya yesus dan bunda maria.argumen2 anda itu buat sya lucu lucu.saran sya seblom memperbaiki dan mengomentari islam,,,anda perdlam dulu ijil anda ga copy paste.teliti dulu kalo anda yakin akan kristen mending jdi pendeta aja..kan digaji bsar,,daripda anda komen komen yg lucu lucu...kalo anda memnemukan kerguan akan kristen tanya pada yahya walony,,insan mokoginta,irene handono,,klo ga bisa yotube nya bisa di akses..wasslam

      Hapus
  8. Hahaha,, Bukan berarti yang tidak terlihat itu Tidak ada. Coba deh lihat Angin? siapa yang bisa melihat Bau? baik itu bau busuk atau bau Harum? mereka tidak terlihat tapi ada. Jika kalian menyangkal hal itu, berarti rusak lah indera kalian. Untuk yang non muslim, tolong pelajari kembali kitab suci kalian, apakah benar sudah dibaca seluruhnya atau hanya dibacakan oleh pendeta di mimbar? Jika kalian bisa mempelajari kitab suci sendiri, kalian akan tahu apa perbedaannya? dan Mungkin Atheis lebih masuk akal... Tapi sayang, Atheis pun bukan jawaban....

    BalasHapus
  9. Saya Pribadi mengakui akan Nabi Isa. Muslim dan Kristen dalam hal ini sependapat. Tapi untuk kami orang islam, Tak sependapat jika Isa Bin Maryam adalah Tuhan. Tak ada ayat yang tidak ambigu yang ditemukan di injil tentang pengakuan Yesus kalau Dia Tuhan atau berkata Sembahlah Aku...

    Mungkin, kami lebih kristen dari pada umat kristennya sendiri. Renungkanlah.

    Apakah Yesus Mengaku dia Tuhan?
    Apakah Yesus Menyuruh untuk "Sembahlah Aku"?
    Apakah Injil mengajarkan untuk menyembah Patung atau Berhala?
    Apakah Yesus di sunat? apakah injil mengajarkan untuk berhijab?

    saya minta untuk merenungkan... sebelum menjawab

    BalasHapus
  10. Ketika di salib yesus berkata:
    "Tuhan tolonglah aku, jangan kau tinggalkan aku"

    Tidak mungkin Tuhan minta tolong

    BalasHapus
  11. Sesuatu yang banyak pasti berasal dari yang satu.

    BalasHapus
  12. Penjelasan lebih gamblang, coba lu liat di YouTube ceramahnya Ust. Felix Siauw. Orang pinter pasti pilih jadi Atheis (ketimbang Kristen), tapi orang CERDAS & BERAKAL, pasti pilih Islam yg jelas2 kitabnya bisa dicerna secara akal & isi ayat2nya harus dicerna secara akal sehat, bukan cuman IMAN kosong.

    BalasHapus
  13. minta bantuannya guys utk jawab pertanyaan
    ".Apa alasan orang2 barat mulai tertarik dengan keberadaan Tuhan? ".

    BalasHapus
  14. Inilah yang mengakibatkan perpecahan diantara kita,gara-gara AGAMA.
    orang beragama belum tentu beriman, tetapi orang beriman sudahalah pasti beragama.Sang Pencipta tidak pernah menyuruh umatNya untuk saling menghakimi, tetapi untuk saling mengasihi.Tunjukkanlah,bahwa Allah itu kasih.
    Saya rasa orang yang beragama apapun itu, jika sudah dikuasai ilmu pengetahuan akan berpikir yang masuk akal saja, sehingga akan berpaling dari Tuhan dan meninggalkan-Nya.
    Memang semua yang beragama wajib tahu apa isi kitabnya masing-masing. Namun, apakah semua itu pernah dilaksanakan sesuai ajaran-Nya yang tesurat?
    Baik kristen, islam, hindu, buddha, walau pun sudah banyak membaca kitabnya namun jika tidak diapahami dan dilakukan, untuk apa?
    Coba kalo setiap orang ditanya"siapa kah yang menciptakan TUHAN? "
    Ada yang tahu?
    Dan begitupula sebaliknya jika ditanya yang atheis"siapakah yang menciptakan alam semesta itu?atau darimana berasal?
    Ada yanga tahu?
    Maka jangana sampai,otak manusia dicuci karena pengetahuan itu sendiri.
    Awal dari pengetahuan bagi orang yang memiliki keyakinan, pasti jawabannya adalah dari sang"sang pencipta".
    Kita adalah sebagai pelaksana dari setiap rancangan-Nya.

    Jadi, orang yang sekalipun beragama tetapi tidak mengimaninya, sama saja kita dengan atheis. Kalo kita cuman tahu tetapi pelaksanaannya sama dengan nol.

    Dan, satu hal lagi,apapun agama kita, cuman kita yang tahu status dan hubungan kita sama Tuhan.Agama itu tidak menjamin, tetapi iman kita kepada Sang Pencipta.

    BalasHapus
  15. carilah kesalahan alquran..siapapun tak akan menemukanya..itulah(alquran) bukti kami (muslim)

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Untuk apa mencari kesalahan? Mencari kesalahan adalah akar dari menghakimi sesama. Bagi saya, agama tidak menyelamatkan. Orang Kristenpun dapat saja masuk neraka. Lebih penting untuk mengamalkan ajaran daripada bangga sebagai orang beragama. Hiduplah sesuai dengan sifat2 Allah yang maha kasih, maha suci, maha adil, karena itu yang dituntutNya dari kita. Gereja dalam dunia ini akan punah, namun iman dan pengharapan itu tetap. Gereja bukanlah gedungnya melainkan diri kitalah adalah bait Allah yg sesungguhnya, jadi hiduplah sesuai dengan peran Bait Allah itu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Hadratusy Syaikh Hasyim Asy'ari dalam Perjuangan Bangsa

Manfaat Mempelajari Tafsir Alquran

Akibat Berbuat Zalim

Tiga Sebab Keruntuhan Peradaban Islam di Andalusia